EXOTIC PETS CARE CENTRE

Dikelola oleh: Firman Hadijaya


Sabtu, 13 Februari 2010

PIRANHA Intro,Genus,Care sheet,Diseases,Breeding

Piranha merupakan ikan yang menarik dan unik untuk hobby, menyenangkan dan menghibur,eksotis,agresif dan loyal.......memelihara nya berkoloni sangat mengasikan melihat kerja sama nya dalam memangsa.semoga artikel berikut berkenan.

GENUS

mengenal dahulu tentang pembagian genus dan sub genus pada piranha

Piranha terbagi menjadi 2 genus ,yaitu

-Pygocentrus dan serrasalmus

.

.

.

ciri2 dan karakteristik kedua genus tersebut adalah

pygocentrus

-memiliki karakter yang suka bergerombol dan dia merupakan piranha yang biasa kita lihat keganasan memangsa nya yang mengandalkan koloni nya yang bisa ratusan mungkin bahkan seribuan ekor per koloni

-sifat kanibal nya sangat rendah hanya akan memangsa koloni nya yang sakit atau lemah,full karnivora

-lebih di sebut The Real Piranha karena sifat memangsa dengan koloni nya yang menjadi karakter dominan genus ini

-karakter tubuh yang sekel,gempal dan padat

.

.

serrasalmus

-lebih cenderung solitare agresif ke sesama nya sehingga jarang berkelompok besar

-sangat kanibal ke sesama nya dan ke ikan lain sangat agresif tapi power nya lemah karena lebih individual ,tidak seperti genus pygocentrus yang mampu menghabisi seekor sapi sekalipun

-karnivora tetapi masih mau diberikan bangkai bahkan beberapa tumbuhan air menjadi santapan nya

-karakter tubuh langsing dengan rahang yang lancip

.

untuk sementara blog ini hanya akan membahas tentang genus dari pygocentrus karena genus ini yg paling diminati dan merupakan piranha yg kita kenaldi televisi atau di berita2.

.

.

.

pygocentrus sendiri terbagi menjadi 4 sub genus yaitu

-Pygocentrus cariba (black shoulder piranha, caribe)

piranha ini memiliki spot hitam di insangnya dan tubuhnya lebih persegi dibanding kawan2 dari genus pygocentrus lain nya

-Pygocentrus nattereri (red piranha,  red-bellied piranha , Amazonas)

piranha yang biasa pada umumnya dan paling sering kita jumpai,spesimen yang paling umum


-Pygocentrus palometa

sangat minim keberadaan dan informasi tentang genus ini


-Pygocentrus piraya (San Francisco piranha,)

jenis dari pygocentrus yang terbesar ukuran nya 2x dari red belly piranha

memiliki belly berwarna orange

.

.

.

.

CARE SHEET

diet

piranha terutama genus pygocentrus murni merupakan karnivora,mereka akan memakan apa saja yang berwujud daging,memotong dan mencabik2 nya semakin besar jumlah koloni nya semakin besar pula obyek daging yang dapat menjadi santapan nya.

namun untuk hobby's biasanya menggunakan makanan yang tidak extreme,mulai dari

-anak ikan mas

-cacing beku

-ikan selar kiloan

-potongan daging ayam,sapi,atau unggas dan mamalia lain seperti tikus sampai kelinci

.

namun semua itu sangat boros untuk berhemat biasanya digunakan ikan kiloan atau usus ayam yang harga nya hanya berkisar sekitar 8 ribu rupiah per Kg sehingga sangat irit dan dapat disimpan di lemari es,sangat irit memelihara 1 koloni kecil piranha dibanding 1 ekor arwana

tidak dianjurkan pemberian makan secara berlebih cukup 1x per hari sampai kenyang

.

.

pencahayaan

piranha hidup di habitat air yang gelap,walau jernih biasa nya mereka hidup di air yang kurang pencahayaan,mereka selalu menghindari dari terpaan matahari.

sehingga di pemeliharaan nya piranha sangat sensitif dengan cahaya,gerakan tangan,dan bayangan,namun lama lama bertambah panjangnya umur piranha mereka akan sangat terbiasa bahkan akan mulai mengejar2 tangan anda...

.

.

.


filtrasi

membutuhkan filter untuk menjaga kualitas airnya dikarenakan makanan nya yang banyak terdiri dari daging2an

.

.

.


ukuran

untuk jenis red bellypiranha(p.nattereri) max sekitar 25 -30 cm,tetapi di pemeliharaan biasanya sampai sekitar 22 cm saja

untuk black shoulder/black spot piranha(p.cariba) max sekitar 35 cm,di pemeliharaan tidak beda jauh dengan red belly

untuk jenis San Francisco Piranha(p.piraya) max sekitar up to 50 cm,piranha terbesar

.

.

.

Temperatur

. 22-27  C , sudah sesuai dengan kebanyakan temperature air di indonesia dan tidak terlaluberefek jika perbedaan suhu tidak signifikan.piranha sangat toleran.

.

.

.


Tank mates

jangan menggabungkan dengan jenis ikan lain dengan koloni piranha,tidak akan bertahan lama pasti akan jadi santapan.

.

.

.


volume aquarium dan kepadatan

berikan tempat untuk koloni piranha ini tidak terlalu padat

berikut gambaran kepadatan koloni piranha yang ideal

.

.

.


aggresifitas

bayi piranha mungkin hanya akan membuat kulit anda geli,tapi berhati2lah mereka menginjak dewasa,gigitan nya sangat fatal,bukan akan mencabik,tetapi akan melepaskan daging dari tangan mu....jadi pastikan aquarium pemeliharaan aman dari jangkauan anak anak.

.

.

.

.

DISEASES

Pada umumnya piranha merupakan ikan yang sudah di design secara alami memiliki kekebalan tubuh terhadap banyak parasit dan bakteri dikarenakan mereka banyak memakan bangkai dan daging busuk di alam nya..

tetapi tetap ada celah penyakit walau jarang,dan berikut penjelasan nya

.

.

penting

tidak menganjurkan memberikan obat2an kimia dosis tinggi,gunakan obat2an ikan pada umumnya,dan setiap melakukan treatment pengobatan diharapkan menaikan suhu air dengan heater dengan suhu max 32°C,diberikan garam ikan ,dianjurkan adalah 1 gram per liter air (1 ppt) tidak perlu berlebih seperti ikan lain nya.

dikarenakan piranha mampu meregenerasi dan menyembuhkan diri lebih baik dibanding ikan lain.

.

.

.

Penyebab penyakit ikan golongan jamur
Beberapa jenis penyakit jamur yang termasuk berbahaya untuk ikan antara lain adalah Aphanomyces, Branchiomyces, dan Ichthyophonus. Jamur yang paling sering ditemukan pada ikan air tawar adalah Saprolegnia sp. dan Achlya sp.

Penyebab penyakit ikan golongan bakteri
Beberapa jenis penyebab penyakit ikan golongan bakteri yang sering menimbulkan kerugian dalam usaha budidaya ikan antara lain meliputi Aeromonas hydrophila, Aeromonas salmonicida, Mycobacterium spp, Nocardia sp., Edwardsiella tarda, Edwardsiella ictaluri, Streptococcus spp., Pasteurella sp, Yersinia ruckeri, Pseudomonas sp. dan Streptomyces sp.

Penyebab penyakit ikan golongan virus
Beberapa jenis virus diketahui dapat menyerang ikan-ikan budidaya dan menimbulkan permasalahan yang serius antara lain Channel Catfish Virus Disease (CCVD), Spring Viraemia of Carp (SVC), Infectious Pancreatic Necrosis (IPN), Lymphocystis Disease (LD), Infectious Hematophoietic Necrosis (IHN), Viral Nervous Necrosis (VNN) dan Koi Herpes Virus (KHV).
.

.

untuk penyakit dari golongan jamur dan bakteri dapat disembuhkan dengan memisahkan ikan atau koloni yang terjangkit dengan treatment pada catatan penting diatas ditambah sedikit air rebusan daun sirih...biarkan ikan berangsur2 pulih kembali atau bisa juga dengan menggunakan obat jamur ikan dianjurkan yang bermerek dan sudah teruji.

.

untuk dari golongan virus biasanya lebih fatal dan susah diobati karena kekebalan tubuh sudah rusak daya pulih ikan sudah menurun,sehingga yang perlu dilakukan hanyalah lakukan treatment seperti masalah bakteri dan jamur,beri pakan dan biarkan sampai cukup lama sering2 mengganti air dapat membantu.

.

-suhu yang terlalu rendah juga memicu terjadi nya pertumbuhan jamur atau bakteri yang biasa disebut white spot,cukup naikan suhu heater white spot akan hilang dengan sendirinya.

-makanan yang berlebih juga memicu amonia dan kandungan senyawa2 berbahaya lain bagi ikan yang dapat mengakibatkan kematian mendadak akibat buruk nya kualitas air sehingga tidak baik dalam mengikat O2 .

-air yang sudah lama tidak di ganti juga berbahaya karena sensitif ,perubahan kimia nya dan PH air dapat sangat cepat reaksi nya di air yang sudah lama,disarankan penggantian air dan pencucian media filter berkala.

.

.

.beberapa obat ikan yang sudah diakui dan aman untuk ikan....gunakan hanya bila ikan kondisi nya tidak membaik.gunakan sesuai dosis yang tertera di kemasan

-Akuarium Salt

digunakan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan obat dan mengurangi efek berbahaya nitrit. 
garam berguna dalam mengobati ich dan jamur
bersifat menenangkan ikan dan menyeimbangkan kinerja insang ikan di air tawar

-Maracide

digunakan untuk masalah di lapisan kulit ikan seperti jamur ringan dan lapisan lendir yang rusak

-CopperSafe

pengobatan untuk parasit external seperti cacing jangkar dan lain nya

-MelaFix

membantu proses regenerasi sirip rusak,menyembuhkan tail fin rot

mempercepat penyembuhan luka

-PrimaFix

menghentikan daur hidup bakteri dan jamur,digunakan untuk perawatan juga bisa,dan dapat di aplikasikan juga untuk pengobatan tahap akhir.

.

.

.

.

BREEDING
tingkat kesulitan sangat tinggi.
ukuran minimum untuk pemijahan  sepasang induk yaitu aquarium atau kolam semen 1mX50cm .prefer menggunakan kolam semen karena pasangan induk tersebut akan lebih merasa nyaman,dengan ketinggian air sekitar 50 cm

.

setting bak pemijahan yaitu dengan memberikan subtrate gelap biasanya pasir malang, dan di berikan obyek untuk laying egg berupa batu ceper,batu asah ceper,piring keramik ,prefer berwarna gelap dan alami.berikan tumbuhan air semacam kiambang agar suasana teduh,setting filter dengan  output yang gemericik seperti hujan.
.

sexing
piranha hampir mustahil membedakan jantan betina nya sebelum kita melihat saat proses pemijahan.untuk mendapatkan pasangan induk peliharalah 1 koloni kecil 6-15 ekor di kolam jika usia sudah masuk usia diatas 8 bulan atau minimum 15 cm panjang  tubuh nya biasanya akan dimulai proses pairing,ketika ditemukn 2 ekor yang sedang berdua ,mereka menjadi teritorial dan keduanya menjadi berwarna gelap di selimuti lapisan ungu yang berbeda dari koloni nya,ambil kedua ikan tersebut sudah dipastikan mereka sudah pairing dan siap di breeding.

.

memicu proses bertelur ikan dapat dilakukan dengan menaikan suhu heater hingga 32 derajat dan mengganti seperempat air di bak pemijahan dengan air baru untuk menstimulasi efek dari musim hujan,karena piranha bertelur di penghujan,tetapi di bak bisa kita pijahkan setiap musim.

.

proses bertelur tidak jauh dengan ikan dari golongan cichlid.dan mereka sebenernya adalah ikan yang mengasuh anak nya setelah menetas,sang betina akan menempelkan telurnya di media batu ceper atau keramik dan sang jantan akan segera membuahi nya.telur yang dihasilkan berkisar 750 sampai 2000  butir

.
setelah bertelur
keramik atau batu ceper yg di gunakan untuk media bertelur diambil dipisah ke tempat lain,di letakan di aquarium ukuran 60x40x40 .di berikan aerasi kencang .

.

perawatan burayak

setelah sekitar 3 hari telur akan menetas,sampai umur ikan 3 hari setelah menetas burayak tidak perlu di beri pakan dikarenakan burayak masih memiliki Yolk stalk(cadangan makanan yang di bawanya dari lahir)

makanan pertama setelah 3 hari sampai 1 minggu untuk burayak ini adalah artemia,kutu air saring,daging runcah biasa di blender.prefer di berikan artemia di karenakan pakan hidup lebih membuat burayak aktif mencari makan

setelah minggu pertama burayak sudah bisa di berikan kutu air tanpa di saring ,jika repot dapat membeli di toko ikan berupa kutu air beku,di berikan hingga minggu ke 3,

setelah minggu ketiga di berikan cacing sutra,dan selanjutnya blood worm dan sampai akhirnya burayak berukuran 5 cm sudah bisa di berikan pakan seperti usus ayam untuk memacu pertumbuhan nya.

.

.

.

.


ingin memiliki piranha asli? tersedia dari genus pygocentrus nattereri "RED BELLY PIRANHA"

kunjungi lapak jual beli online kami,FJB KASKUS

LAPAK PIRANHA  BERGARANSI KEASLIAN

ditulis oleh Firman Hadijaya

19 komentar:

Apotik Herbal mengatakan...

sukses usahanya ya mas......(Agen Pahala Express Harapan Indah)

mauluvy mengatakan...

semoga laris mas...
infonya sangat bermanfaat...

firman mengatakan...

thanks ya bro...:D

antoni.techno.future2019 mengatakan...

semoga sukses ya brow.
terima kasih ya brow..

-antonius-

Firman Hadijaya mengatakan...

sama2 bro antonius...
:D

Gus SUrya mengatakan...

Ikannya galak nga mass..???

Firman Hadijaya mengatakan...

wah galak apa nda di test saja wkwkwkwkwkk

Joe_7 mengatakan...

Wuiihh..mantap penjelasannya...
mau tanya' nih mas Firman,...kalo black piranha itu waktu masih anakan apa iya mirip ama red belly piranha..??, soalnya di rumah ada anakan black piranha, tapi mirip banget ama saya punya red belly piranha...thx..

Firman Hadijaya mengatakan...

sangat berbeda...:D
dari segi harga pun bisa 200x harga red belly hehehe...:D

jika yg dimaksud black piranha ntu caribe kan terlihat ada spot hitam di insangnya...:)

kalau yg dimaksud adalah rhombeus...terlihat bentuk badannya adalah dari genus serassalmus.

Anonim mengatakan...

Hai mas Firman...

Thanks buat info nya ... Saya memelihara red belly dirumah, tetapi saya berminat yang San Fransisco Piranha (orange belly), mas ada stock tidak?

Thank you,
Diana

Firman Hadijaya mengatakan...

waduh maaph lama reply hehehe...:D
supaya cepad balas tinggalkan contack boleh kok...:D

hanya ada red belly untuk skarang...:D yg lain masih impor dan wild caught jadi mahal...:D belum di coba budidaya disini nanti diusahakan kalau ketemu indukannya hehehe...:D

astronia mengatakan...

Dari artikel dan topiknya unik, idealis! Lanjut boz!!!

Wahyu Slamet mengatakan...

Mau tanya tapi banyak by phone aja kali ya? Nih nomor saya 082153432203 atau invite pin saya aja, pin:24C1A0A7. Trims,
Salam,
Wahyu slamet.n.

andhika irsyad mengatakan...

Mau tanya harga red belly saya berminat

andhika irsyad mengatakan...

Mau tanya harga red belly saya berminat

iwan rudianto mengatakan...

sy pingin punya red belly,mhn pencerahanya dimana musti belinya.

iwan rudianto mengatakan...

sy pingin punya red belly,mhn pencerahanya dimana musti belinya.

ferry 1234 mengatakan...

Ada jual piranha mas

Akabane Marsu mengatakan...

nih gw ada 74 ekor
udah ukuran 18cm semua
pernah sekali tangan oe kecoel
dan langsung berdarah macem di iris pake silet